Jumat, 11 April 2014

CARA MEMASANG HARDISK DAN DVD DRIVE



Jika Anda memiliki lebih dari 1 hardisk dan ingin memasangnya secara bersamaan menggunakan 1 komputer Anda bisa melakukannya dengan sangat mudah. Sebelumnya kita sudah berbagi tips cara mengatasi komputer loading lambat, dan cara mengatasi komputer tidak bisa log on. Bahasan kita kali ini adalah cara memasang dua hardisk dalam satu PC.

Hardisk, seperti yang kita tahu merupakan media storage atau media penyimpanan yang memuat semua data dalam komputer. Semua data yang ada pada komputer, baik berupa file audio, gambar, document word, dan jenis-jenis file lainnya kesemuanya ditampung di hardisk. Semakin banya data yang Anda miliki, maka semakin besar kapasitas hardisk yang Anda butuhkan.

Apabila Anda punya beberapa hardisk yang masih belum tergunakan, tidak ada salahnya untuk Anda pasangkan dalam PC yang sebenarnya sudah memiliki hardisk. Memasang dua hardisk dalam satu PC tentunya memberikan Anda kapasitas penyimpanan tambahan jika kapasitas hardisk yang satunya tidak cukup untuk menyimpan semua data-data penting Anda.

Bagi Anda yang masih belum mengerti cara untuk menggabungkan dua hardisk dalam satu komputer, berikut panduannya.

  • Letak jumper hardisk yang terinstal operating system (OS) harus di set di "master". Pasangkan kabel IDE pada slot IDE1 pada mainboard.
  • Cara pemasangan jumper untuk hardisk eksternal (hardisk penyimpan data) ada tiga macam: pertama, letakkan jumper pada "slave" pasangkan kabel IDE di slot IDE1 pada mother oard. Cara kedua, jumpernya master, pasangkan kabel IDE di slot IDE2 pada motherboard. Cara ketiga, jumpernya slave, pasangkan kabel IDE di slot IDE2 pada motherboard.

Apabila menggunakan hardisk jenis SATA

  • Hardisk yang terinstal OS, kabel satan harus dipasang slot SATA pertama pada motherboard.
Demikian, semoga bisa dipahami. Pada saat memasangkan hardisk harap diperhatikan dengan seksama, karena pemasangan yang tidak sempurna akan menyebabkan komputer gagal booting.


0 komentar:

Posting Komentar